Sesungguhnya terdapatkah dampak positif ataupun negatif bila kita tidur pada jam tertentu? bisa jadi kerap terdengar bila tidur sehabis subuh hendak mnyebabkan kemiskinan, apa ini cuma mitos? ayo kita pahami dalilnya.
النوم خمسة انواع العيلولة وهو النوم بعد الفجر يورث الغفلةوالغيلولة وهو النوم وقت الضحى يورث الفقر والقيلولة وهو النوم وقت الاستواء يورث الغنى والكيلولة وهو النوم بعد العصر يورث الجنون والفيلولة وهو النوم بعد المغريب يورث الفتنة
tidur terdapat 5 berbagai,
1. ailulah ialah tidur sehabis fajar, dapat menimbulkan kurang ingat.
2. ghoilulah ialah tidur di waktu dhuha, dapat menimbulkan faqir/miskin
3. qoilulah ialah tidur di waktu istiwa, menimbulkan kaya
4. kailulah ialah tidur sehabis ashar, dapat menimbulkan gila
5. failulah ialah tidur sehabis maghrib, menimbulkan fitnah
penjelasan senada juaga disebutkan dalam kitab tuhfatul habib syarah khotib
وفي تذكرة الجلال السيوطي النوم في أول النهار عيلولة وهو الفقر وعند الضحى فيلولة وهو الفتور وحين الزوال قيلولة وهي الزيادة في العقل وبعد الزوال حيلولة أي يحيل بينه وبين الصلاة وفي آخر النهار غيلولة أي يورث الهلاك.
disebutkan dalam kitab tadzkiroh buah karya al - jalal as - suyuthi kalau:
tidur di permulaan siang (pagi hari) diucap ailulah ialah (menimbulkan) kefakiran (kemelaratan).
tidur di waktu dluha diucap failulah, (menimbulkan) kelemahan/lesu pada tubuh.
kala tergelincir matahari (zawal) diucap qoilulah, mampu menaikkan (kecerdasan) ide.
tidur sehabis zawal diucap chailulah, ialah mampu membatasi antara orang itu dan juga sholat.
dan juga tidur di akhir siang (sore hari) diucap ghoilulah, mampu menimbulkan binasa.
uraian lebih detilnya disebutkan dalam kitab syarah mandumatul adab (2/355) karya syeh muhammad bin ahmad as safarini
مطلب : في كراهة النوم بعد الفجر والعصر : ونومك بعد الفجر والعصر أو على قفاك ورفع الرجل فوق أختها امدد ( و ) يكره ( نومك ) أيها المكلف ( بعد ) صلاة ( الفجر ) لأنها ساعة تقسم فيها الأرزاق فلا ينبغي النوم فيها ، فإن ابن عباس رضي الله عنهما رأى ابنا له نائما نومة الصبحة فقال له : قم أتنام في الساعة التي تقسم فيها الأرزاق.
وعن بعض التابعين أن الأرض تعج من نوم العالم بعد صلاة الفجر ، وذلك لأنه وقت طلب الرزق والسعي فيه شرعا وعرفا عند العقلاء. وفي الحديث اللهم بارك لأمتي في بكورها .
وفي غريب أبي عبيد قال : وفي حديث عمر رضي الله عنه إياك ونومة الغداة فإنها مبخرة مجفرة مجعرة قال : ومعنى مبخرة تزيد في البخار وتغلظه. ومجفرة قاطعة للنكاح. ومجعرة ميبسة للطبيعة " .
tidur sehabis subuh hukumnya makruh karna waktu tersebut merupakan dikala dibagikannya rizki hingga tdk baik tidur waktu itu. ibnu abbas sempat memandang seseorang anaknya yg tidur sehabis subuh,
dia mengatakan : " bangunkah, apakah engkau tidur di dikala rizki dibagikan didalamnya. " dari sebagian tabiin kalau sebetulnya bumi berteriak karna tidurnya orang alim sehabis sholat subuh,
perihal itu diakibatkan waktu tersebut merupakan waktu buat mencari rizki dan juga berjalan di dalamnya secara syara dan juga adat kerutinan bagi orang - orang yang berakal.
dalam hadis nabi : " yaa allah berkahilah ummatku di waktu paginya "
dalam hadisnya umar : " berhati hatilah kamu dari tidur di waktu pagi, karna dapat menimbulkan banyaknya uap yg menutupi otak, memutuskan perkawinan dan juga mengkeringkan tabiat. "
قال المناوي : اعلم أن كثرة النوم غير محمودة لكثر مفاسده الأخروية ، بل والدنيوية ، فإنه يورث الغفلة والشبهات وفساد المزاج الطبيعي والنفساني ويكثر البلغم والسوداء ويضعف المعدة وينتن الفم ويولد دون القرح ويضعف البصر والباه حتى لا يكون له داعية للجماع ، ويفسد الماء ويورث الأمراض المزمنة في الولد المتخلق من تلك النطفة حال تكوينه ، ويضعف الجسد.
al - manawiy mengatakan: ketahuilah, sebetulnya banyak tidur itu tidak terpuji, karna banyak memunculkan keburukan ukhrowi terlebih lagi duniawi. karna banyak tidur itu menimbulkan kurang ingat, syubhat,
rusaknya pembawaan badan dan juga jiwa, perbanyak lendir, lemah antusias/sedih hati, melemahkan lambung, membikin muluk berbau busuk, memunculkan cedera, melemahkan penglihatan, nafsu intim sampai - sampai tidak terdapat pendorong buat bersenggama, mengganggu (isi) air (pada badan) ,
menyembahkan penyakit lumpuh pada anak yang tercipta dari air mani itu kala tercipta, dan juga melemahkan raga.
هذا في النوم في غير وقت العصر والصبح ، وأما فيهما فأعظم ضررا لأنه لا يمكن استقصاء مفاسده في العقل والنفس. ومنها أنه يورث ضعف الحال بحكم الخاصية وعدم الإيمان بالبعث والنشور
perihal ini buat tidur di tidak hanya waktu ashar dan juga subuh, ada juga tidur di waktu tersebut lebih besar bahayanya, karna tidak bisa jadi menarangkan keburukan untuk ide dan juga jiwa. tercantum antara lain: mampu melemahkan perihal (kondisi jiwa) dengan hikmah - hikmah yang tertentu, dan juga menimbulkan tidak yakin (iman) dengan hari kebangkitan dan juga dihimpun di (makhsyar) .
demikian, mudah - mudahan berguna dan juga mudah - mudahan kita mampu mengambil hikmahnya
wallaahu alam..
( sumber : ngaji. website. id / ikhtisarislami. com )
النوم خمسة انواع العيلولة وهو النوم بعد الفجر يورث الغفلةوالغيلولة وهو النوم وقت الضحى يورث الفقر والقيلولة وهو النوم وقت الاستواء يورث الغنى والكيلولة وهو النوم بعد العصر يورث الجنون والفيلولة وهو النوم بعد المغريب يورث الفتنة
tidur terdapat 5 berbagai,
1. ailulah ialah tidur sehabis fajar, dapat menimbulkan kurang ingat.
2. ghoilulah ialah tidur di waktu dhuha, dapat menimbulkan faqir/miskin
3. qoilulah ialah tidur di waktu istiwa, menimbulkan kaya
4. kailulah ialah tidur sehabis ashar, dapat menimbulkan gila
5. failulah ialah tidur sehabis maghrib, menimbulkan fitnah
penjelasan senada juaga disebutkan dalam kitab tuhfatul habib syarah khotib
وفي تذكرة الجلال السيوطي النوم في أول النهار عيلولة وهو الفقر وعند الضحى فيلولة وهو الفتور وحين الزوال قيلولة وهي الزيادة في العقل وبعد الزوال حيلولة أي يحيل بينه وبين الصلاة وفي آخر النهار غيلولة أي يورث الهلاك.
disebutkan dalam kitab tadzkiroh buah karya al - jalal as - suyuthi kalau:
tidur di permulaan siang (pagi hari) diucap ailulah ialah (menimbulkan) kefakiran (kemelaratan).
tidur di waktu dluha diucap failulah, (menimbulkan) kelemahan/lesu pada tubuh.
kala tergelincir matahari (zawal) diucap qoilulah, mampu menaikkan (kecerdasan) ide.
tidur sehabis zawal diucap chailulah, ialah mampu membatasi antara orang itu dan juga sholat.
dan juga tidur di akhir siang (sore hari) diucap ghoilulah, mampu menimbulkan binasa.
uraian lebih detilnya disebutkan dalam kitab syarah mandumatul adab (2/355) karya syeh muhammad bin ahmad as safarini
مطلب : في كراهة النوم بعد الفجر والعصر : ونومك بعد الفجر والعصر أو على قفاك ورفع الرجل فوق أختها امدد ( و ) يكره ( نومك ) أيها المكلف ( بعد ) صلاة ( الفجر ) لأنها ساعة تقسم فيها الأرزاق فلا ينبغي النوم فيها ، فإن ابن عباس رضي الله عنهما رأى ابنا له نائما نومة الصبحة فقال له : قم أتنام في الساعة التي تقسم فيها الأرزاق.
وعن بعض التابعين أن الأرض تعج من نوم العالم بعد صلاة الفجر ، وذلك لأنه وقت طلب الرزق والسعي فيه شرعا وعرفا عند العقلاء. وفي الحديث اللهم بارك لأمتي في بكورها .
وفي غريب أبي عبيد قال : وفي حديث عمر رضي الله عنه إياك ونومة الغداة فإنها مبخرة مجفرة مجعرة قال : ومعنى مبخرة تزيد في البخار وتغلظه. ومجفرة قاطعة للنكاح. ومجعرة ميبسة للطبيعة " .
tidur sehabis subuh hukumnya makruh karna waktu tersebut merupakan dikala dibagikannya rizki hingga tdk baik tidur waktu itu. ibnu abbas sempat memandang seseorang anaknya yg tidur sehabis subuh,
dia mengatakan : " bangunkah, apakah engkau tidur di dikala rizki dibagikan didalamnya. " dari sebagian tabiin kalau sebetulnya bumi berteriak karna tidurnya orang alim sehabis sholat subuh,
perihal itu diakibatkan waktu tersebut merupakan waktu buat mencari rizki dan juga berjalan di dalamnya secara syara dan juga adat kerutinan bagi orang - orang yang berakal.
dalam hadis nabi : " yaa allah berkahilah ummatku di waktu paginya "
dalam hadisnya umar : " berhati hatilah kamu dari tidur di waktu pagi, karna dapat menimbulkan banyaknya uap yg menutupi otak, memutuskan perkawinan dan juga mengkeringkan tabiat. "
قال المناوي : اعلم أن كثرة النوم غير محمودة لكثر مفاسده الأخروية ، بل والدنيوية ، فإنه يورث الغفلة والشبهات وفساد المزاج الطبيعي والنفساني ويكثر البلغم والسوداء ويضعف المعدة وينتن الفم ويولد دون القرح ويضعف البصر والباه حتى لا يكون له داعية للجماع ، ويفسد الماء ويورث الأمراض المزمنة في الولد المتخلق من تلك النطفة حال تكوينه ، ويضعف الجسد.
al - manawiy mengatakan: ketahuilah, sebetulnya banyak tidur itu tidak terpuji, karna banyak memunculkan keburukan ukhrowi terlebih lagi duniawi. karna banyak tidur itu menimbulkan kurang ingat, syubhat,
rusaknya pembawaan badan dan juga jiwa, perbanyak lendir, lemah antusias/sedih hati, melemahkan lambung, membikin muluk berbau busuk, memunculkan cedera, melemahkan penglihatan, nafsu intim sampai - sampai tidak terdapat pendorong buat bersenggama, mengganggu (isi) air (pada badan) ,
menyembahkan penyakit lumpuh pada anak yang tercipta dari air mani itu kala tercipta, dan juga melemahkan raga.
هذا في النوم في غير وقت العصر والصبح ، وأما فيهما فأعظم ضررا لأنه لا يمكن استقصاء مفاسده في العقل والنفس. ومنها أنه يورث ضعف الحال بحكم الخاصية وعدم الإيمان بالبعث والنشور
perihal ini buat tidur di tidak hanya waktu ashar dan juga subuh, ada juga tidur di waktu tersebut lebih besar bahayanya, karna tidak bisa jadi menarangkan keburukan untuk ide dan juga jiwa. tercantum antara lain: mampu melemahkan perihal (kondisi jiwa) dengan hikmah - hikmah yang tertentu, dan juga menimbulkan tidak yakin (iman) dengan hari kebangkitan dan juga dihimpun di (makhsyar) .
demikian, mudah - mudahan berguna dan juga mudah - mudahan kita mampu mengambil hikmahnya
wallaahu alam..
( sumber : ngaji. website. id / ikhtisarislami. com )
comment 0 comments:
more_vert